Senin, 02 Desember 2013

Kodok yang Sombong, Rubrik Yunior Suara Merdeka


Berawal dari status seorang teman di facebook, akhirnya saya mengirimkan fabel ini ke Harian Suara Merdeka, Semarang. Cerita ini saya kirim 25 November 2013, dan dimuat 1 Desember 2013. Nyaris tanpa antre, kan?

Tertarik mengirimkan naskah ke rubrik anak Harian Suara Merdeka?

Ini emailnya: yunior_sm@yahoo.co.id. Panjang sekitar 3 halaman.

Terimakasih pada Sutono Suto, atas pemberitahuan fabel ini dimuat, atas kiriman gambar, atas alamat emailnya, atas kesediaannya menjawab semua pertanyaan saya. :)


8 komentar:

  1. kak, bagaimana syarat teknis untuk mengirim naskah cerpen anak di yunior? saya punya banyak naskah cerpen anak . boleh berbagi infonya? :) terimakasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat biasa aja, Dian.
      Panjang naskah sekitar 3 halaman. spasi 1,5. Jenis tulisan apapun boleh, asal gampang dibaca. Jadi pilih aja TNR, calibri dll. Naskah tentu aja diattack, bukan di badan email.

      Semoga sukses ya.

      Hapus
  2. Kak mau tanya dong, kan saya ngirim tuh dan dimuat di korannya, untuk ambil imbalannya itu gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata penulis yang udah pernah dimuat di sana, penulis harus konfirmasi ke redaksi melalu telepon. baru kemudian honor dibayarkan. saya sendiri, hanya mengkonfirmasi melalui email, dan sampai sekarang, honor belum saya terima.

      Jadi, coba hubungi nomor telepon redaksinya saja. :)

      Hapus
  3. mau tanya...kalau di SM, apa ada konfirmasi jika naskah akan dimuat?
    kalau tidak ada, bagaimana dg penulis yg dari luar kota?

    sebelumnya, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Aireni, salam kenal kembali, ya.

      Naskah saya cuma satu yang dimuat di sono, waktu itu gak ada konfirmasi. Jadi, teman yang ngasih tau naskah saya itu dimuat. Di sana gak ada sistem antre, kok. Misalnya minggu ini kamu kirim dan minggu depan, belum dimuat. Kemungkinan besar naskah kamu itu belum layak muat.

      Buat lebih gampang ngeceknya, aktiflah berteman dengan banyak penulis di facebook. Biasanya, banyak yang bersedia memberi informasi kalo naskah temannya dimuat di sebuah media.

      Hapus
  4. Itu harus fabel ya kak? Redaksi di semarang ada ngga kak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun boleh Ninda. Yang penting cerita untuk anak. entah itu misteri/horor, komedi, fantasi dan yang lainnya.

      Redaksi di Semarang? bukannya Suara Merdeka koran semarang ya? Pastinya adalah di sana.

      Hapus